Wednesday, May 22, 2013

Pembangunan Karakter Melalui Kegiatan Pramuka

Gerakan Pramuka adalah salah satu organisasi resmi yang kepengurusannya sampai ketingkat presiden. Pramuka Menjadi salah satu Ekstrakurikuler wajib disetiap sekolah dan disetiap jenjang, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi meskipun diperguruan tinggi tidak menjadi ekstrakurikuler kampus yang wajib namun peminatnya cukup banyak.

Selain itu Gerakan Pramuka juga tidak hanya bergerak disekolah-sekolah saja akan tetapi juga bergerak dalam kegiatan-kegiatan lain seperti dalam ke SAKA-an, contohnya pramuka yang berada dibawah naungan kepolisian disebut Saka Bhayangkara, Pramuka yang berada dibawah naungan Departemen Penerbangan disebut Saka Dirgantara, Pramuka yang berada dibawah naungan TNI disebut Saka Wirakartika, Pramuka yang berada dibawah naungan Dinas Kesehatan disebut Saka Bakti Husada, Pramuka yang berada dibawah naungan Dinas Kehutanan disebut Saka Taruna Bumi dll. 

Hal tersebut membuktikan bahwa eksistensi gerakan pramuka dalam setiap bidang pendidikan memang tidak pernah surut. Melalui kegiatan pramuka peserta didik dalam memperoleh kemandirian, memiliki rasa tanggung jawab, disiplin, rela menolong dll. Selain itu melalui kegiatan pramuka peserta didik menjadi manusia yang terampil, cekatan, sigap, tangkas dan trengginas. Untuk itu pramuka menjadi sebuah wahana atau wadah untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik dan juga menyenangkan.

Kegiatan Pramuka perlu dilaksanakan secara terus menerus karena kegiatan pramuka berkaitan erat dengan mata pelajaran-mata pelajaran disekolah. Dalam gerakan pramuka diajarkan baris berbaris, berkemah, penjelajahan materi pramuka ini sejalan dengan pelajaran Penjaskes. Dalam gerakan pramuka diajarkan menaksir tinggi, menaksir lebar, manaksir berat hal ini sejalan dengan materi pelajaran matematika. Dalam Pramuka diajarkan tentang kompas dan arah serta petunjuk. hal ini sejalan dengan pelajaran IPA. Dalam Pramuka diajarkan tentang kode-kode rahasia yaitu sandi dan semaphore hal ini sejalan dengan pelajaran IPS ataupun PKN. Didalam gerakan pramuka peserta didik diajarkan untuk Takwa terhadap Tuhan YME, Cinta alam, saling menolong dan sebagainya yang tertuang dalam Dhasa Dharma Pramuka. Tujuan dari materi kepramukaan yang ada pada intinya adalah pembangunan carakter (Caracter Building).

Yang Lebih dalam kegiatan pramuka peserta didik bukan hanya dituntut untuk hafal, akan tetepi selain harus hafal, juga dapat mempraktekkannya dan mengerti maksudnya. sehingga mental yang akan dibangun pada peserta didik dalam gerakan pramuka adalah mental yang dilandasi iman dan takwa, jiwa dan raga yang kuat dan tangguh, dan memiliki kesadaran kebangsaan dan sosial yang tinggi.

 

0 comments:

Post a Comment

mimanukarangnangkabms.blogspot.com mimanukarangnangkabms.com