Tuesday, February 4, 2014

Jenis-Jenis Anak Berkebutuhan Khusus

Kami perbaharui postingan kali ini dengan judul "Jenis-Jenis Anak Berkebutuhan Khusus". Kelainan pada anak yang menyebabkan anak memiliki kebutuhan khusus ada beberapa jenis dan beberapa faktor yang menyebabkannya diantaranya :
  1. Kelainan mental
  2. Kelainan fisik
  3. Kelainan emosi
Adapun faktor yang menyebabkan kelainan antara lain : faktor herediter, faktor infeksi, faktor keracunan, dan faktor kekurangan gizi.

Sedangkan anak berkebutuhan khusus bila ditinjau dari waktu terjadinya kelainan dapat dikelompokkan : Prenatal, peri-natal,dan pasca natal.

Kelainan yang diderita anak dapat menimbulkan berbagai dampak, baik terhadap keluarga maupun anak itu sendiri. Dampak yang ditimbulkan adanya anak berkebutuhan khusus dapat dibagi menjadi : dampak fisiologis, dampak psikologis, dan dampak sosiologis.

Menurut Hallahan dan Kauffman (1991) bentuk penyelenggaraan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus ada berbagai pilihan yaitu :
  1. Reguler Class Only (kelas biasa dengan guru biasa)
  2. Reguler Class With Consultation (kelas biasa dengan konsultasi guru PLB)
  3. Itinerant Teacher (kelas biasa dengan guru kunjung)
  4. Resource Teacher (guru sumber, yaitu kelas biasa dengan guru biasa, namun dalam beberapa kesempatan anak berada di ruang sumber dengan guru sumber)
  5. Pusat Diagnostik-Prescriptif
  6. Hospital or Homebound Instruction (pendidikan di rumah atau di rumah sakit, yakni kondisi anak yang memungkinkan belum masuk ke sekolah biasa)
  7. Self-contained Class (kelas khusus di sekolah biasa dengan guru PLB)
  8. Special Day School (sekolah luar biasa tanpa asrama)
  9. Residential School (sekolah luar biasa berasrama)

0 comments:

Post a Comment

mimanukarangnangkabms.blogspot.com mimanukarangnangkabms.com