Assalamualaikum, Pembaca
yang budiman ketemu lagi di blog MI Ma'arif NU Karangnangka, Kali ini
kami akan sedikit bertukar ilmu tentang PTK atau Penelitian Tindakan
Kelas, langsung saja,
Apa PTK itu?
Penelitaian
pendidikan, pada umumnya, dilakukan oleh pakar atau peneliti, baik yang
bekerja pada perguruan tinggi khususnya LPTK maupun di berbagai lembaga
penelitian yang mandiri. Dengan pola yang seperti itu, tidak mustahil
jika hasilnya berdampak pada kebijakan yang kebanyakan berlaku umum,
acap kali tidak secara langsung sesuai dengan kebutuhan pada setiap
interaksi pembelajaran di kelas yang sifatnya khas dan setempat. Kelas
seringkali dijadikan kancah penelitian, namun permasalahan-permasalahan
yang diteliti kurang dihayati oleh guru. Dengan kata lain, guru hanya
dijadikan objek penelitian
Bertolak
dari hal-hal tersebut maka muncul pemikiran mengapa penelitian tidak
langsung sja dilakukan oleh guru sebagai pengajar yang mengetahui dengan
pasti kebutuhan dan permasalahan yang ada di kelasnya. Dengan demikian
hasil penelitian dapat diterapkan langsung dan cocok dengan situasi dan
kondisi setempat. Maka akhir-akhir ini berkembang suatu penelitian
tindakan berbasis pada kelas atau sekolah yang disebut dengan Penelitan
Tindakan Kelas (PTK).
Sebagai
suatu penelitian kelas, PTK mampu mengenali adanya kesulitan dalam
proses belajar mengajar, baik dari segi guru atau pengajar, peserta
didik, maupun interaksi komponen-komponen pembelajaran (bahan ajar,
media, pendekatan, metode, strategi, seting kelas, penilaian), sehingga
dapat mencari solusi yang tepat sesuai dengan situati dan kondisi real
kelas tersebut. Dengan demikian lebih menjanjikan dampak langsung para
pendidik untuk memperoleh "teori" yang langsung dibangunnya sendiri,
bukan yang diberikan oelh pihak lain atau sebagai the theorizing
practitioner.
Kemudian
yang menjadi pertanyaan adalah apa pengertian PTK? dalam literatur
bahasa inggris PTK disebut dengan classroom action research. Mengutip
definisi yang dikemukakan oleh Stephen Kemmis seperti dikutip dalam D.
Hopkins dalam bukunya yang berjudul A Teacher's Guide To Classroom
Reasearch, Bristol, PA, Open University Press 1993 hal 44 dapat
dijelaskan pengertian PTK adalah sebagai suatu bentuk kajian yang
bersifat reflektif oleh pelaku tindakan, yang dilakukan untuk
meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan -tindakan mereka dalam
melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan
yang dilakukan itu, memperbaiki kondisi di mana praktek-praktek
pembelajaran tersebut dilakukan, serta dilakukan secara kolaboratif.
Apa Tujuan PTK ?
Berdasarkan pengertian di atas, PTK berjuan untuk :
- Memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran
- Membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran dikelas
- Mendorong guru untuk selalu berfikir kritis terhadap apa yang mereka lakukan sehingga menemukan teori sendiri yang tanpa tergantung teori-teori yang mutlak-mutlak yang bersifat universal yang ditemukan oleh pakar peneliti yang sering kali tidak cocok dengan situasi dan kondisi kelas.
Manfaat yang didapat dari pelaksanaan PTK diantaranya :
- Inovasi pembelajaran (metode, media, evaluasi)
- Pengembangan kurikulum di tingkat kelas dan di tingkat sekolah
- Perbaikan dan atau peningkatan kinerja belajar dan kompetensi siswa
- Peningkatan profesionalisme guru
0 comments:
Post a Comment