Assalamulaikum, para pembaca
yang budiman, lanjut lagi kemasalah PTK pada posting yang lalu kami
telah menjelaskan tentang pengerian PTK, tujuan dan manfaatnya, pada
kesempatan ini kami juga akan berbagi ilmu tentang karakteristik dan
prinsip PTK, selamat membaca.
Karakteristik PTK
Mengingat pentingnya PTK, agar lebih jelas dalam mendalaminya maka perlu memahami karakteristiknya sebagai berikut :
- Masalah yang diteliti adalah real/nyata yang dihadapi sehari-hari didalam kelas yang menjadi kewenangan guru (On The Job Problem Oriented)
- Berorientasi pada pemecahan masalah (Problem Solving Oriented) artinya penelitian tidak menghasilkan pengertian atau pemehaman suatu masalah, tetapi menghasilkan solusi atau pemecahan masalah yang ada.
- Berorientasi pada peningkatan kualitas (Improvement Oriented). Masing-masing komponen yang ada berkembang atau berubah kearah yang lebih baik.
- Berbagai cara pengumpulan data dipergunakan (Multiple data collectio), diantaranya dengan observasi, tes, wawancara, kuisener dan lain-lain.
- Bersifat berulang (Cyclic), artinya tindakan yang dilakukan secara berulang memalui urutan perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflekting).
- Adanya kolaborasi dalam pelaksanaannya (collaborative) artinya dalam pelaksanaan tindakan harus bekerja sama dengan teman sejawat yang menjadi pengamat dan menjadi teman untuk evaluasi bersama.
Menurut Hopkins (1993) ada enam prinsip penelitian tindakan kelas, yaitu :
- Tidak mengganggu komitmennya sebagai guru
- Metode pengumpulan data harus tidak mengganggu proses pembelajaran
- Metode peneltitian yang digunakan hendaknya yang dapat menjawab hipotesis
- Masalah yang dipilih hendaknya masalah yang benar-benar mengganggu dan guru berkomitmen untuk mengatasinya
- Guru harus konsisten dan perbaikan dan meningkatkan kualitas pembelajaran
- Cakupan permasalahan tidak dibatasi pada masalah pembelajaran dikelas, tetapi dapat diperluar pada tataran di luar kelas.
0 comments:
Post a Comment