Tuesday, May 13, 2014

Pembelajaran Terpadu Melalui Eksta Pramuka

Pembelajaran Terpadu Melalui Eksta Pramuka. Akhir-akhir ini ramai dalam dunia pendidikan tentang pembelajaran tepadu. Melalui kurikulum 2013 pemerintah juga mencoba menggunakan sistem pembelajaran terpadu. Pembelajaran terpadu sudah banyak digunakan di sekolah-sekolah terpadu. Sebenarnya kalau kita amati bahkan pada ekstrakurikuler pramuka sistem pembelajarannya terpadu dan sangat rapi dalam konsepnya sehingga merangkum semua aspek pribadi siswa.
Mari kita telaah sedikit Pembelajaran Terpadu Melalui Ekstra Pramuka :
Dari kurikulumnya, pramuka mempunyai kurikulum yang jelas untuk tiap jenjang tingkatan dimulai dari siaga, penggalang, penegak, dan pandega, semua terdapat dalam SKU (Syarat kecakapan umum), TKU (tanda kecakapan umum, dan TKK (tanda kecakapan khusus). Untuk dapat menjadi dapat naik kejenjang selanjutnya seorang anggota pramuka harus melalui uji SKU atau SKK, TKU atau TKK bahkan anggota dikatakan resmi lulus uji jika ia telah dilantik oleh pembinanya. Ujian tersebut melalui pengetahuan, praktek, dan pengamalan sehari-hari.

Dari Segi materi, pramuka juga mempunyai keterkaitan dengan materi pelajaran sebagai contoh pada mata pelajaran matematika di pramuka ada materi menaksir tinggi, menaksir lebar, bukan hanya teori tetapi juga praktek, pada mata pelajaran IPA tumbuh-tumbuhan, pada materi pramuka juga ada materi mengenal jenis-jenis tumbuhan yang ada disekitar yang dapat dimanfaatkan dan yang dapat merugikan atau berbahaya, pada materi PKN juga terdapat dalam pramuka karena pramuka mengajarkan tentang sejarah dan struktur pemerintahan, pada pelajaran olah raga terdapat materi gerak dasar jalan, lari, lompat, berkemah dan lainnya hal itu juga diajarkan dalam kegiatan pramuka seperti PBB, dan berkemah, dan masih banyak mata pelajaran yang mempunyai keterkaitan dengan pramuka. memang tidak selengkap mata pelajaran akan tetapi dapat mendukung dan menambahwah wawasan siswa kegiatan pramuka.

Jika diteliti lebih mendalam lagi kegiatan pramuka mempunyai nilai yang sangat baik bagi tercapainya tujuan pembelajaran.

0 comments:

Post a Comment

mimanukarangnangkabms.blogspot.com mimanukarangnangkabms.com